Ticker

6/recent/ticker-posts

Contoh Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan merupakan sebuah rencana yang dituangkan ke dalam bentuk rancangan kerja. Proposal ini dibuat sebelum suatu kegiatan dilaksanakan untuk mendapatkan izin atau juga mencari sponsor acara.
Beberapa hal yang biasa ada pada Teks Laporan Kegiatan :

1. Nama Kegiatan
Nama kegiatan sama seperti halnya judul suatu tulisan. Maka,
nama kegiatan harus dibuat semenarik mungkin sehingga dapat menimbulkan rasa ingin tahu pembaca. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan nama kegiatan, antara lain:
Sesuai dengan topik kegiatan
Singkat, padat, dan jelas
Diungkapkan dalam bentuk frasa

2. Pendahuluan
Dalam bagian ini disajikan alasan mengapa suatu kegiatan harus dilaksanakan. Maka, penyusun proposal diharapkan dapat menunjukkan pentingnya pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan.

3. Tujuan
Tujuan berfungsi untuk mengarahkan dan memfokuskan aktivitas yang akan dilaksanakan.

4. Sasaran
Bagian ini berisi tentang lembaga, personil, organisasi, atau kelompok masyarakat tertentu yang akan menjadi peserta dari kegiatan.

5. Jadwal
Bagian ini memuat waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan.

6. Susunan Acara
Pada bagian susunan acara dijelaskan mengenai susunan kegiatan yang akan dilangsungkan.

7. Kepanitiaan
Bagian ini menyebutkan tentang susunan panitia yang bertanggung jawab melaksanakan acara.

8. Anggaran
Proposal yang baik haruslah selalu mencantumkan rincian biaya penyelenggaraan kegiatan. Sebaiknya biaya itu diperhitungkan secara logis dan realistis, baik itu pemasukan maupun pengeluarannya. Estimasi pembiayaan yang dibuat oleh seorang penyusun proposal akan menjadi pertimbangan calon penyandang dana atau donator. Anggaran biaya dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu persiapan, operasional, dan laporan.

9. Penutup
Penutup merupakan akhir dari pembicaraan perencanaan kegiatan. Maka, bagian ini merupakan 'rayuan' terakhir penyusun proposal kepada pembaca untuk menentukan diterima atau tidaknya sebuah proposal. Untuk itu pada bagian ini, penyusun proposal harus dapat memotivasi calon penyandang dana, donatur, sponsor, atau partisipan dengan cara menunjukkan rasa optimistis terhadap kegiatan yang direncanakan.

( sumber : blog.ruangguru.com )


okee segitu mungkin penjelasan secara teoritis nya, di bawah ini ada contoh proposal dalam bentuk file document word yang bisa kalian download, jadi masih bisa dedit, barangkali bisa di jadikan sebagai bahan rujukan untuk melaksnakan administrasi di organisasi masing-masing,, cekidot !



keyword :
contoh proposal kegiatan
download proposal kegiatan
Pengertian Proposal kegiatan
unsur-unsur yang terdapat pada Proposal kegiatan

Post a Comment

0 Comments