Ticker

6/recent/ticker-posts

Rekomendasi Widget pada Blogger pemula

udah beberapa minggu lamanya saya aktif lagi di duni blog dan masih bingung dengan item-item atau hiasan yang harus ada pada laman blog, agar keliatannya nyaman di pandang dan berguna bagi viewer, namun tidak merubah kesan simple dalam
blog ini.

setelah beberapa kali penelusuran di google, mengumpulkan bahan-bahan berupa rekomendasi tentang widgets yang harus ada pada blog, akhirnya saya pun mendapatkan beberapa rekomendasi tersebut, kurang lebih seperti ini :

·         Popular Post 
     Widget ini berfungsi untuk menampilkan entri populer dalam blog. Entri populer itu seperti entri yang sering dicari, dibaca, dan dibuka oleh pengunjung blogger sehingga kita dapat mengetahui artikel apa yang diinginkan oleh pengunjung blog kita.

·         Recent Post
     Mengapa kita perlu memasang widget Recent Post? Padahal dalam tampilan awal blogger kita menampilkan entri-entri terbaru? Widget ini berfungsi untuk menampilkan entri-entri terbaru kita. Jadi dengan terpasangnya widget ini, orang-orang dapat mengetahui Entri kita saat mereka membuka salah satu entri kita.

·         Label / Kategori
     Widget ini bisa menjadi widget yang sangat berarti bagi para pengunjung blogger dikarenakan widget ini berfungsi untuk menampilkan kategori dari hasil entrian kita. Dengan adanya widget ini seseorang pengunjung dapat memilih kategori yang Dia cari dan membuat pengunjung tidak kebingungan mencari entri yang dicari.

·         Related Post / Postingan yang Terkait
     Widget ini difungsikan untuk mengaitkan beberapa entri yang berhubungan dengan entri yang telah dibuka. dengan ini seseorang dapat mencari entri yang mungkin berhubungan dengan entri apa yang dicari. 

·         Recent Comment 
     Alasan mengapa widget recent coment di perlu pasang di blog yaitu untuk memberikan apresiasi atau penghargaan kepada pengunjung yang telah berkomentar di blog kita.

·         Sharing Button
     Widget ini bisa menjadi widget yang dapat memudahkan untuk mensharing ( membagikan ) entri agar seseorang tidak perlu lagi mengcopy paste entri ke sebuah sosial network ( Facebook, Twitter, Google+, dsb ). Widget ini biasanya terlihat ketika kita membuka sebuag entri.


selain widgets-widgets tersebut, tentu masih banyak lagi widgets tambahan yang pastinya akan membuat laman blog semakin menarik, dan juga elegan. Saya sendiri merekomendasikan kepada anda untuk mempelajari penggunaan widgets HTML/Java Script pada blog, walaupun menggunakanya terlihat simple namun anda harus mengetahui bagaimana cara menggunakan HTML ataupun Java script dengan benar, karena bila kita salah menggunakanya, maka bukan indah yang akan terlihat pada web, tapi justru kacaulah yang akan muncul.

pada postingan berikutnya juga kalau ada waktu saya akan membagikan tutorial tentang penggunaan source code HTML / Java Script pada blogger, tentang apa ???,,, [masih] misteri  . . .hehe

silahkan comment dan bagikan konten artikel ini jika memang bermanfaat ataupun ada kritikan juga saran
thankss broo. . . .




keyword :
Widgets
rekomendasi
pemula
awal
Blogspot


Post a Comment

0 Comments